laskarkopi

Mengintip ISS, International Space Station


Nun jauh di atas sana, di ketinggian ± 360 km dan kecepatan rata-rata 27.744 km,mengorbitlah sebuah benda terbesar di angkasa yang pernah dibuat manusia. Dia adalah ISS (International Space Station), sebuah laboratorium penelitian yang berada di angkasa. ISS ini adalah sebuah gabungan rencana stasiun luar angkasa, khususnya Mir 2 Rusia, Stasiun Luar Angkasa Freedom Amerika Serikat dan Fasilitas orbital Columbus Eropa, mewakilkan kehadiran manusia tetap di luar angkasa: telah ditempati oleh paling tidak dua orang sejak 2 November 2000. Setiap kali pergantian awak, keempat awak lama dan baru ada di sana dan juga paling tidak satu pengunjung lainnya.

http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0711/earth_sts118.jpg
ISS merupakan proyek gabungan dari 16 negara: AS, Rusia, Jepang, Kanada, Brasil dan 11 negara dari Uni Eropa. Dan agensi luar angkasa mereka adalah NASA Amerika, Russian Federal Space Agency, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Canadian Space Agency (CSA/ASC), Brazilian Space Agency (AgĂȘncia Espacial Brasileira) (AEB) dan European Space Agency (ESA).

Saking besarnya bangunan ini, diperlukan beberapa kali penambahan bagian untuk merakitnya. Kalau mau melihat jadwal lengkap perakitan masing-masing bagian beserta wahana pembawanya dapat dilihat di sini. Dari jadwal yang sudah lewat ternyata meskipun proyek ini ditangani oleh kumpulan negara hebat tetap saja sering terjadi keterlambatan :D


http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0612/trussnauts_sts116.jpg

http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0706/iss_sts117.jpg

Mungkin ada yang penasaran, darimana foto-foto di atas diambil ? Foto-foto tersebut diambil oleh kru pesawat ulang-alik yang membawa bagian stasiun yang akan dirakit, kru pengganti, bahkan juga orang-orang yang kelebihan uang sehingga menjadi turis di stasiun tersebut. Salah satu dari pesawat ulang-alik tersebut adalah Atlantis.

Meskipun mengorbit di ketinggian 360 km di atas permukaan bumi, orbit tersebut masih termasuk dalam kategori orbit rendah bumi, sehingga ISS ini dapat dilihat dengan mata telanjang oleh manusia di bumi. Jika keadaan memungkinkan, ketika matahari telah tenggelam, sinarnya akan dipantulkan oleh panel surya ke arah bumi.

http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0204/IZandISS_lakomiak.jpg
* Credit & Copyright Carol Lakomiak

Terlihat dari foto di atas, lintasan ISS yang membentuk garis lurus, dan sebuah komet dibawahnya, komet Ikeya-Zhang. Mengapa pada foto di atas ISS membentuk sebuah garis lurus ? Hal tersebut dikarenakan Carol Lakomiak menggunakan kamera dengan exposure selama 30 detik. Jadi selama 30 detik ISS melakukan perjalanan sejauh garis yang terlihat dalam foto di atas.

Dengan peralatan yang lebih lengkap dan canggih disertai perhitungan yang cermat foto spektakuler bisa di dapat. Seperti foto di bawah ini, dengan filter matahari yang memadai terlihat pesawat Atlantis baru melepaskan diri dari ISS sejauh ±200 meter. Di latar belakang nampak bola kuning Matahari kita. Jarak pengamat yang mengambil foto ini (lokasinya di Normandy, Prancis) dengan ISS adalah ± 550 km, sedangkan jarak bumi dan matahari adalah ± 150 JUTA km.



http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0609/iss_shuttle_legault_c88.jpg

Informasi lebih lengkap mengenai ISS ini bisa dibaca di sini
Kalau ingin melihat tampilan animasi ISS bisa dilihat di sini

sumber tulisan dan foto : wikipedia, antwrp.gsfc.nasa.gov

Artikel Terkait by Categories



Bagikan

Klik 1 Iklan Dibawah ini

ARTIKEL TERBARU

Ada kesalahan di dalam gadget ini

TINGGALKAN JEJAK

KENYUS STATS

SMS GRATIS

Buat yang kehabisan pulsa,bisa gunakan menu ini. Gratis kok ke semua operator